BERITAPENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

PBI UNIMAR Mengadakan Pelatihan Canva bagi Guru di SMAN 16 Kabupaten Tangerang

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Mei 2024 di SMAN 16 Kab. Tangerang. Peserta PKM melibatkan 27 orang dengan representasi guru. Berkat dukungan dari berbagai pihak PKM dapat berjalan lancar. Waktu pelaksanaan PKM yakni 540 menit karena materi yang cukup padat. Antusiasme peserta selama pelaksanaan PKM sangat tinggi. Hal ini terekam dalam dokumentasi yang terlampir. Peserta menyimak materi dengan seksama, aktif dalam kegiatan diskusi, dan berlatih dalam pembuatan materi mengajar menggunakan Canva.

Melalui canva dalam pembelajaran, para guru dengan mudah menjelaskan materi pembelajaran dilengkapi ilustrasi yang bisa membantu siswa-siswi memahami materi ajar. Selain itu, dengan penambahan video pada canva juga akan mempermudah dalam pembelajaran ini bersifat kekal dan dapat diupload pada website sekolah dan bisa diakses oleh para peserta didik kapan pun dan dimana pun. Dengan adanya pembelajaran canva, guru mendapatkan kemudahan dalam menyampaikan materi ajar kepada murid mereka. Para murid pun mendapatkan kemudahan dalam memperoleh dan mengulang materi pelajaran yang ingin mereka kuasai. Namun, guru di sekolah mitra yaitu SMAN 16 Kab. Tangerang sampai saat ini belum memiliki pengetahuan mengenai media yang bisa digunakan untuk membuat presentasi dalam proses pembelajaran  lebih menarik dan cara menggunakan media tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah pelatihan atau workshop yang mampu membekali pengetahuan dan keterampilan setiap guru mata pelajaran di sekolah mitra agar dapat membuat video pembelajaran tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan upaya inovatif dalam mengembangkan pembelajaran Bahasa Indonesia. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK), khususnya aplikasi Canva.

Kegiatan PkM ini diharapkan dapat membantu guru menciptakan materi dalam belajar mengajar yang lebih menarik. Guru juga memiliki alternatif pembelajaran yang efektif berupa pelatihan pembuatan konten pembelajaran yang kreatif menggunakan canva. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan pengetahuan secara singkat tentang langkah mudah penggunaan Canva. (ASG).