AGENDA PRODIBERITA

Tingkatkan Evaluasi dan Kinerja Civitas Academica, PBI UNIMAR Mengadakan Rapat Persiapan Akreditasi

TANGERANG – Pada hari Senin (11/6/2024), telah diselenggarakan Rapat Internal Akreditasi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin. Sesuai dengan namanya, rapat internal ini bertujuan untuk mempersiapkan program studi dalam agenda akreditasi yang akan diadakan pada tahun ini. Akreditasi sendiri merupakan standar yang dipakai untuk mengukur kualitas sebuah institusi pendidikan, termasuk perguruan tinggi.

Akreditasi program studi di perguruan tinggi dinilai dari sembilan kriteria utama, yaitu visi-misi-tujuan-strategi, tata pamong-tata kelola-kerja sama, mahasiswa, sumber daya manusia, keuangan-sarana-prasarana, pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan luaran-capaian. Masing-masing kriteria diampu oleh panitia yang terdiri dari dosen dan tenaga kependidikan di UNIMAR.

Sejak pertama kali didirikan pada tahun 2022, PBI UNIMAR telah mencapai akreditasi “baik”. Hal ini menjadi pengingat bahwa prodi dapat meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, baik dari segi kualifikasi dosen, prestasi mahasiswa, hingga capaian-capaian lain yang dapat mendukung akreditasi prodi.

Dalam agenda rapat internal akreditasi kali ini, beberapa hal yang dibahas adalah peningkatan capaian dan luaran mahasiswa dan dosen, seperti publikasi ilmiah, prestasi lomba, hingga kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (PkM). Bapak Faisal Kemal, M.Pd. selaku Ketua Program Studi PBI UNIMAR memberikan arahan kepada dosen-dosen untuk tidak hanya berfokus dalam pengajaran di dalam kelas, tetapi juga melibatkan mahasiswa dalam kegiatan tridarma perguruan tinggi. (ASG)