Visi, Misi, Tujuan, & Strategi

VISI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIMAR

Pada Tahun 2034 Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Unggul yang Adaptif Transformatif, Berjiwa Edupreneur, dan Berbasis Literasi Digital Berlandaskan Nilai-nilai Islam.

 

MISI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIMAR
1. Menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang adaptif-transformatif berbasis literasi digital secara profesional di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia berlandaskan nilai-nilai Islam
2. Melaksanakan penelitian berkelanjutan di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang adaptif-transformatif, berbasis literasi digital untuk mendukung pengembangan IPTEK berlandaskan nilai-nilai Islam.
3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang adaptif-transformatif, berbasis literasi digital berlandaskan nilai-nilai Islam.
4. Membangun semangat edupreneur dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia dengan pendekatan yang adaptif-transformatif berbasis literasi digital berlandaskan nilai-nilai Islam.
5. Menyelenggarakan pengelolaan program studi pendidikan bahasa Indonesia secara profesional yang adaptif-transformatif, berbasis literasi digital dan berlandaskan nilai-nilai Islam.
6. Menjalin kerja sama secara strategis, sinergis dan berkelanjutan pada skala nasional maupun internasional untuk pengembangan ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia yang adaptif-transformatif.

 

TUJUAN PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIMAR
  1. Menciptakan kegiatan pembelajaran yang adaptif-transformatif berbasis literasi digital secara profesional di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia berlandaskan nilai-nilai Islam.
  2. Menghasilkan penelitian penelitian berkelanjutan di bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang adaptif-transformatif, berbasis literasi digital untuk mendukung pengembangan IPTEK berlandaskan nilai-nilai Islam.
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia yang adaptif-transformatif, berbasis literasi digital berlandaskan nilai-nilai Islam.
  4. Menciptakan semangat edupreneur dalam bidang Pendidikan Bahasa Indonesia berlandaskan nilai-nilai Islam dengan pendekatan yang adaptif-transformatif berbasis literasi digital.
  5. Terwujudnya pengelolaan program studi pendidikan bahasa Indonesia secara profesional yang adaptif-transformatif, berbasis literasi digital dan berlandaskan nilai-nilai Islam.
  6. Mengembangkan kerja sama secara strategis, sinergis, dan berkelanjutan pada skala nasional maupun internasional untuk pengembangan ilmu Pendidikan Bahasa Indonesia yang adaptif-transformatif berbasis literasi digital.

 

STRATEGI PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIMAR
  1. Meningkatkan relevansi Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
  2. Melaksanakan sistem pengajaran bilingual dengan penerapan aplikasi e-learning Integrasi penelitian dan pengabdian dalam perkuliahan.
  3. Meningkatkan kompetensi dosen (jabatan fungsional, sertifikasi dosen dan studi lanjut dosen).
  4. Mempersiapkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia untuk mengikuti kegiatan lomba di bidang akademik dan nonakademik.
  1. Merumuskan roadmap penelitian Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
  2. Mengikutsertakan dosen dalam kegiatan lokakarya/pelatihan terkait penelitian dan penulisan Jurnal.
  3. Melakukan penelitian bersama dengan Institusi di tingkat nasional dan Internasional.
  4. Mendapatkan hibah penelitian di tingkat nasional dan Internasional
  5. Mengikutsertakan dosen pada kegiatan seminar ilmiah tingkat nasional maupun internasional sebagai presenter oral atau poster
  1. Mengikutsertakan dosen pada kegiatan pengabdian kepada Masyarakat untuk mendiseminasikan hasil penelitiannya.
  2. Melaksanakan program KKN baik di lingkungan sekitar maupun sesuai penempatan nasional.
  3. Mengikutsertakan mahasiswa dan dosen dalam proyek kemanusiaan fakultas mupun universitas.
  4. Mengikutsertakan dosen menjadi DPL KKN Tematik.
  1. Menyediakan program pelatihan kewirausahaan dan mentoring yang terstruktur. Melalui mentoring, individu dapat belajar dari pengalaman orang yang sudah sukses dan mendapatkan bimbingan yang berharga dalam mengembangkan bisnis.
  2. Melaksanakan kegiatan yang mendorong mahasiswa berjiwa edupreneur (pembuatan produk-produk, bazar dan implementasi jiwa edupreneur pada perkuliahan).
  3. Mengadakan kegiatan seminar/workshop dalam bidang edupreneur.
  1. Merancang kurikulum yang seimbang antara Pendidikan  Bahasa Indonesia dan nilai-nilai Islam.
  2. Pengembangan Penelitian Berbasis Islam: 
  3. Mendorong penelitian yang berkaitan dengan Pendidikan Bahasa Indonesia dengan mempertimbangkan perspektif dan prinsip Islam.
  1. Membangun kemitraan erat antara dunia pendidikan dengan industri baik Nasional maupun Internasional. Ini dapat meningkatkan kesesuaian lulusan dengan kebutuhan pasar kerja dan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang tren industri terbaru. 
  2. Membangun kemitraan antar Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin dengan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia universitas dalam negeri. Ini dapat meningkatkan hasil karya kolaborasi dosen dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian.
  3. Membangun kemitraan antar Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin dengan Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia universitas di luar negeri. Ini dapat meningkatkan hasil karya kolaborasi dosen dalam bidang pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kelas internasional.
  4. Menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah yang mengundang berbagai universitas dalam negeri maupun luar negeri. Ini dapat menjadi pemasukan lain sekaligus menunjukkan eksistensi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia.

 

PETA JALAN (ROADMAP) PRODI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA (PBI) UNIMAR

Roadmap Penelitian

Roadmap Pengabdian kepada Masyarakat