BERITAKERJA SAMA

Kembangan Budaya Literasi, PBI UNIMAR Jajaki Kerja Sama dengan MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Tangerang

TANGERANG – Pada hari Kamis (3/10/2024), Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin (PBI UNIMAR) jajaki kerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMK Kota Tangerang. Pertemuan berlangsung di SMKN 2 Kota Tangerang. Dalam pertemuan tersebut, PBI UNIMAR diwakili oleh Bapak Faisal Kemal, M.Pd. selaku Ketua Program Studi PBI UNIMAR dan beberapa jajaran dosen PBI UNIMAR, yaitu Ibu Arita Gustianti, M.Pd., Ibu Zahroh Nurhillal, M.Pd., dan Ahmad Sulton Ghozali, M.Hum. Selain itu, pihak MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Tangerang diwakili oleh Bapak Anwar Janawir, M.Pd. selaku Ketua MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Tangerang dan beberapa jajaran anggota MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Tangerang.

Pertemuan ini membahas rencana penyusunan modul ajar bahasa Indonesia untuk tingkat SMK. Modul ajar ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran di seluruh SMK di Kota Tangerang. Modul ajar bahasa Indonesia di tingkat SMK akan disusun dengan memadukan antara teks dan fitur elektronik, khususnya dengan memanfaatkan jaringan internet dan layanan daring. Dengan demikian, modul ajar ini dapat mengikuti perkembangan zaman yang semakin modern.

Selain membahas penyusunan modul ajar bahasa Indonesia untuk tingkat SMK, kedua pihak menyepakati bahwa budaya literasi perlu dikembangkan di wilayah Kota Tangerang, khususnya di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan. MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Tangerang sendiri telah memiliki beberapa program untuk mengembangkan budaya literasi di tingkat sekolah, salah satunya adalah Duveta Literasi. Pihak MGMP Bahasa Indonesia SMK Kota Tangerang mengajak PBI UNIMAR untuk turut serta dalam meramaikan kegiatan Duveta Literasi, khususnya menjelang peringatan Bulan Bahasa di tahun ini.

PBI UNIMAR siap berkontribusi dalam setiap program kerja sama yang akan diimpelementasikan ke depan. Kerja sama ini tidak hanya dilakukan untuk mengembangkan relasi kedua pihak, tetapi juga bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan budaya literasi di Kota Tangerang. (ASG).