PBI UNIMAR Mengadakan Webinar Konferensi Internasional Bekerja Sama dengan PBSI UMT

TANGERANG – Pada hari Jumat (2/8/2024), Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin mengadakan webinar konferensi internasional bertajuk The 1st Indonesian Language and Literature International Conference (ILLIC) dengan tema “Building Global Diversity through Language and Literature Multiliteracy Education in the Era of Society 5.0: Sustainable Innovation”.  Acara ini diselenggarakan untuk meningkatkan kegiatan keilmuan, terutama dalam bidang kajian bahasa dan sastra Indonesia dalam fokus mengembangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa global. Acara ini diselenggarakan melalui kerja sama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Tangerang (UMT).

Acara yang diselenggarakan secara daring melalui Zoom ini mengundang beberapa narasumber utama (keynote speaker), yaitu Prof. Koh Young Hun, Ph.D. (Hankuk University of Foreign Studies, Korea Selatan) dan Nurul Farhana binti Suhailme, M.A. (Malay Language Lecturer of Hebei International Studies University, Cina). Selain itu, sesi utama juga diisi oleh beberapa narasumber dari UMT dan UNIMAR, yaitu Sumiyani, M.Pd. (Dekan FKIP UMT, Dosen PBSI UMT), Intan Sari Ramadhani, M.Pd. (Dosen PBSI UMT), dan Faisal Kemal, M.Pd. (Kaprodi PBI UNIMAR).

Acara diawali dengan sambutan oleh Dr. Ahmad Amarullah, M.Pd. selaku Rektor UMT sekaligus membuka konferensi, kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Dr. Nori Anggraini, M.A. selaku Kaprodi PBSI UMT. Selanjutnya, acara ditutup dengan doa bersama.

 

Setelah sesi salat dan makan siang, acara dilanjutkan dengan sesi presentasi materi oleh para pemakalah secara paralel. Beberapa pemakalah yang hadir dalam acara ini berasal dari beberapa lembaga, seperti Kantor Badan Bahasa Banten, UMT, dan UNIMAR. Dari PBI UNIMAR sendiri, beberapa perwakilan terdiri dari mahasiswa yang dibimbing langsung oleh para dosen PBI UNIMAR.

Atia Mutiara (Mahasiswa Angkatan 2023) dibimbing oleh Bapak Faisal Kemal, M.Pd. dengan mengangkat kritik sosial yang terkandung dalam puisi esai “Kudengar Kota Itu Terpelajar (Jarik Simbok)” Karya Ana Ratri Wahyuni. Elda Yulian Agustine (Mahasiswa Angkatan 2023) dibimbing oleh Bapak Faisal Kemal, M.Pd. dan Ahmad Sulton Ghozali, M.Hum. dengan membahas penggunaan bahasa Jaksel oleh Satria Mahathir dalam video Youtube @JakartaKeras dan pengaruhnya terhadap penguasaan bahasa Indonesia di generasi muda. Tia Indriani Ningsih (Mahasiswa Angkatan 2022) dibimbing oleh Ahmad Sulton Ghozali, M.Hum. membahas kritik sosial terhadap tradisi perjodohan Pariaman dalam cerpen “Lelaki yang Dibeli Ayah” oleh Efri Yeni. Cici Prihartini (Mahasiswa Angakatan 2022) dibimbing oleh Ibu Arita Gustianti, M.Pd. membahas adanya muatan konflik batin dan emosi dalam cerpen”Raumanen” karya Marianne Katoppo. Tasya Aulia (Mahasiswa Angkatan 2023) dibimbing oleh Ibu Zahroh Nurhillal, M.Pd. membahas peran keluarga dalam mempertahankan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama.

Acara webinar konferensi internasional ini diharapkan dapat meningkatkan minat, pengetahuan, dan pengalaman mahasiswa PBI UNIMAR dalam melakukan kajian ilmiah dan mempresentasikannya di kancah internasional. Hal ini membuktikan komitmen PBI UNIMAR dalam mendorong mahasiswa untuk terus berkarya dan berprestasi. (ASG).