Tingkatkan Kesadaran Nasionalisme untuk Mahasiswa, PBI UNIMAR Mengadakan Kuliah Dosen Tamu

TANGERANG – Pada Sabtu (13/7/2024), Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin (PBI UNIMAR) mengadakan kuliah dosen tamu dengan tajuk “Pembenahan Karakteristik Sosial dan Nasionalisme Bangsa di Tengah Arus Media Sosial”. Acara ini diselenggarakan dalam rangka Mata Kuliah Kewarganegaraan.

Kuliah dosen tamu ini menghadirkan Bapak Dr. Rahayu Permana, S.Ag., M.Hum. sebagai narasumber. Saat ini, beliau menjabat sebagai dosen di Pascasarjana Program Studi Pendidikan IPS Universitas Indraprasta PGRI. Acara ini dipandu oleh Bapak Imam Arifin, M.Ag. yang juga merupakan dosen pengampu Mata Kuliah Kewarganegaraan. Peserta kuliah dosen tamu ini diisi dari berbagai kalangan, seperti dari mahasiswa dan civitas academica UNIMAR, mahasiswa dari Universitas Indraprasta PGRI, maupun dari kalangan lainnya.



Acara diawali dengan pembukaan dan pengenalan narasumber oleh moderator. Selanjutnya, sambutan diberikan dari Ketua Program Studi PBI UNIMAR, Bapak Faisal Kemal, M.Pd, Acara kuliah dosen tamu dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi oleh narasumber.

Peserta terlihat antusias dalam menyimak paparan materi dari narasumber. Hal ini juga terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan ketika dibuka sesi tanya jawab. Acara ditutup dengan sesi foto bersama sebagai dokumentasi.

Kuliah dosen tamu kali ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa dalam menjaga semangat nasionalisme, terutama di lingkungan sosial sekitarnya. Terlebih, hadirnya teknologi media sosial memudahkan berbagai ideologi masuk ke masyarakat. Diperlukan kesadaran dan rasa cinta tanah air yang tinggi dalam menjaga semangat nasionalisme dan berkontribusi untuk Indonesia.