PBI UNIMAR Hadiri Sosialisasi UKBI Merdeka Adaptif bagi Dosen Se-Kota/Kabupaten Tangerang

Pada hari ini (28/05/2024), Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin mengikuti Acara Sosialisasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka bagi Dosen di Kota dan Kabupaten Tangerang. Sosialisasi UKBI ini diadakan oleh Kantor Bahasa Banten di Aula Sudirman, Universitas Muhammadiyah Tangerang.

Perwakilan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia dihadiri oleh Bapak Faisal Kemal, M.Pd. selaku Ketua Program Studi PBI UNIMAR, Ibu Arita Gustianti, M.Pd, dan Ahmad Sulton Ghozali, M.Hum. Selain itu, turut hadir Bapak Yogi Gumilar, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD) UNIMAR, dan Ibu Lulu Fatihatul Uyun, M.Pd. dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) UNIMAR.

Acara diawali dengan membaca doa bersama, kemudian sambutan dari Rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang dan Kepala Bidang TU Kantor Bahasa Banten sebagai pengganti Kepala Kantor Bahasa Banten yang berhalangan hadir pada saat itu.

Selanjutnya, acara sosialisasi berjalan dengan sesi pemaparan materi seputar UKBI Adaptif Merdeka oleh Ibu Dr. Goziyah, M.Pd. Pemaparan dari beliau tidak hanya seputar pelaksanaan teknis dari UKBI Adaptif Merdeka, tetapi juga memotivasi para dosen agar mulai menerapkan UKBI sebagai standar kemampuan mahasiswa dalam menggunakan bahasa Indonesia. UKBI menjadi standar kemahiran bagi seorang penutur dalam menggunakan bahasa Indonesia, seperti halnya TOEFL untuk bahasa Inggris. UKBI juga telah menjadi standar dalam berbagai syarat kualifikasi akademik hingga meningkatkan jenjang karir. 

Setelah pemaparan tersebut, sesi dialog dibuka kepada para peserta sosialisasi. Bapak Faisal Kemal, M.Pd. turut memberikan saran agar pelaksanaan UKBI juga disertai dengan implementasi yang kuat, salah satunya dengan menggunakan UKBI sebagai syarat sertifikasi dosen yang sampai saat ini masih menggunakan TKBI dengan sistem yang berbeda.

Selanjutnya, acara sosialisasi dilanjutkan dengan simulasi pengerjaan UKBI Adaptif Merdeka oleh para peserta yang terdiri dari para dosen se-Kota/Kabupaten Tangerang. Simulasi hanya dilakukan sebanyak tiga dari lima sesi, yaitu sesi mendengarkan, kaidah, dan membaca.

Sosialisasi ini diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam menerapkan UKBI untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Indonesia, khususnya di Program Studi PBI. Dengan demikian, lulusan PBI UNIMAR tidak hanya teruji secara akademik, tetapi juga mahir dalam berbagai bidang, termasuk penggunaan bahasa dengan baik dan benar. (ASG)