PBI UNIMAR Mengadakan Lokakarya Menulis, Membaca, dan Musikalisasi Puisi bagi Mahasiswa PTMA Se-Provinsi Banten

TANGERANG – Pada hari Jum’at (15/12/23), Lembaga Seni Budaya (LSB) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Banten mengadakan acara “Workshop Menulis, Membaca, dan Musikalisasi Puisi bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah Se-Provinsi Banten”. Sesuai namanya, peserta lokakarya puisi tersebut terdiri dari mahasiswa dari perguruan tinggi Muhammadiyah-Aisyiyah yang berada di wilayah Provinsi Banten.

Lokakarya ini juga diadakan dengan kerja sama Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Tangerang (PBSI UMT), Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin (PBI UNIMAR), Program Studi Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Banten (SASINDO UMB), dan Politeknik Kesehatan Aisyiyah Banten. 

Lokakarya puisi kali ini mengundang empat pembicara dengan kepakaran yang berbeda-beda. Muhammad Rois Rinaldi menjadi pembicara pertama dengan tema “Pelatihan Menulis Puisi”. Dalam sesi yang dibawakannya, Rois Rinaldi memberikan dasar keilmuan mengenai jenis-jenis puisi, seperti puisi lirik hingga puisi naratif. Beliau juga memberikan pemahaman seputar kode-kode dalam menafsirkan dan menyusun citraan dalam menulis puisi. Para peserta lokakarya puisi tersebut memperhatikan pemaparan materi dengan antusias. Beberapa mahasiswa juga berkonsultasi dengan menunjukkan karya puisinya agar dinilai oleh Rois Rinaldi. Kendati masih banyak kekurangan, beliau memberikan saran dan kritik yang membangun.

Setelah sesi istirahat dan salat Jumat, lokakarya dilanjutkan oleh E. Sumadiningrat, M.Pd. dengan tema “Teknik Pembacaan Puisi”. Beliau tidak hanya memberikan tips-tips dalam membaca puisi dengan pendalaman, tetapi juga berbagi pengalaman-pengalaman beliau dalam berbagai acara pembacaan puisi dan teater. Beberapa peserta turut berlatih membaca puisi secara langsung dengan didampingi oleh pembicara yang biasa dipanggil Pak Madin ini.

Sesi berikutnya diisi oleh Dr. Enawar, M.M. dengan tema “Puisi dalam Arus Sejarah”. Beliau memaparkan dengan rinci sejarah kesusastraan Indonesia, khususnya dalam genre puisi yang mengalami perkembangan secara signifikan. Sesi terakhir diisi oleh Rizki Anugrah Putra dengan tema “Musikalisasi Puisi”. Beliau memberikan contoh praktik musikalisasi puisi dengan menyanyikan langsung salah satu puisi karya mahasiswa peserta lokakarya tersebut.

Setiap sesi lokakarya berlangsung dengan lancar. Mahasiswa yang menjadi peserta dalam lokakarya puisi tersebut memperhatikan penjelasan dari pembicara secara antusias. Tidak sedikit dari peserta yang berani menampilkan karya puisinya hingga turut berlatih membaca puisi. Acara ditutup dengan foto bersama. (ASG)