Harvard University Mulai Ajarkan Bahasa Indonesia sebagai Bukti Internasionalisasi Bahasa Indonesia

Penulis: Faisal Kemal, M.Pd. (Ketua Program Studi PBI UNIMAR)

Tangerang – Bahasa Indonesia adalah salah satu bahasa yang akan diajarkan di Universitas Harvard tahun ini. Bahasa Indonesia bersama dengan dua bahasa lainnya akan diajarkan di universitas terbaik dunia, yaitu Bahasa Tagalog dari Filipina dan Bahasa Thailand.

Kabar tersebut diumumkan di surat kabar mahasiswa Universitas Harvard, The Harvard Crimson, pada Jumat, 24 Maret 2023. Departemen Studi Asia Selatan akan mempekerjakan tiga tutor untuk mengajar Bahasa Tagalog, Bahasa Indonesia dan Bahasa Thailand, untuk mata kuliah yang ditawarkan mulai akademik 2023-2024.

Seperti dikutip dari The Harvard Crimson, Kamis (30 Maret 2023), Pusat Asia Universitas Harvard telah mendapatkan dukungan finansial untuk posisi tersebut melalui upaya penggalangan dana, menurut CEO-nya, Elizabeth K. Liao. Posisi ini akan mencakup penunjukan tiga tahun untuk setiap tutor dan dapat diperpanjang hingga lima tahun lagi.

James Robson, profesor bahasa dan peradaban Asia Timur dan direktur Pusat Asia, mengungkapkan bahwa pemerintah dapat mengambil $1 juta dari anggaran Pusat Asia untuk mendanai posisi Tagalog. Namun, dia mengatakan pendanaan posisi tersebut setelah tiga tahun “mungkin tidak sepenuhnya berkelanjutan”.

“Kami senang dan berharap posisi ini akan menjadi perubahan cara bermain untuk misi jangka panjang Pusat Asia dan memajukan Studi Asia Tenggara di Harvard, serta komitmen universitas untuk wilayah ini di masa depan,” tulis Liao dalam email.