Tentang Prodi

Berdirinya Universitas Muhammadiyah A.R. Facruddin merupakan penggabungan lembaga pendidikan bernama Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah Tangerang dan Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang. Para tokoh pendirinya antara lain adalah Ali Taher Parasong sebagai Ketua Badan Pembina Harian Sekolah Tinggi Teknologi Mutu Muhammadiyah Tangerang (STTM-MT) dan Sekolah Tinggi Farmasi Muhammadiyah Tangerang (STF-MT).

Beridirinya Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin melahirkan 4 Fakultas, yaitu Fakultas Farmasi (FF), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Keberadaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan memiliki 4 Program studi salah satunya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia yang disingkat PBI. Program Studi ini memiliki jenjang Sarjana, lulusan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia memiliki gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd).

Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin juga mempelajari tentang teori dan praktik pembelajaran yang ada di sekolah, mulai dari desain pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan menyenangkan, hingga evaluasi pembelajaran. Setiap mata kuliah sekarang ini sudah menggunakan kurikulum yang terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka – Kampus Merdeka (MBKM). Menariknya Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia (PBI) tidak hanya mempelajari tentang teori dan praktik mengajar, namun juga memiliki muatan mata kuliah kesusastraan, meliputi sejarah sastra, teori sastra, kajian puisi, kajian prosa, kajian cerita anak, kritik sastra dan kajian drama.

lulusan S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin diberikan kesempatan untuk praktik mengajar melalui program Asistensi Mengajar,  merancang usaha dalam bidang jasa pendidikan melalui mata kuliah edupreneurship, dan aktif merencanakan kegiatan kepenulisan karya yang difasilitasi oleh Program Studi.

Dalam mewujudkan lulusan yang berbakat dan multitalent, lulusan S1 Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Muhammadiyah A.R. Fachruddin dibekali dengan beragam mata kuliah pendukung seperti Manajemen Perpustakaan, Jurnalistik, Kepenyiaran dan Penyuntingan. Selain itu, tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa lulusan nantinya akan terjun ke dalam dunia global yang sangat erat dengan pembelajaran digital dan perlunya penguasaan bahasa asing. Oleh karena itu, lulusan S1 Pendidikan Bahasa Indonesia sudah dibekali dengan mata kuliah berwawasan global dan pada akhir semester diberikan pelatihan persiapan TOEFL (TOEFL Preparation).

Anda juga akan dibekali keilmuan tentang Bahasa Indonesia Penutur Asing (BIPA), program ini bisa memberikan kesempatan kepada kita mengajar Peserta Didik dari Negara luar ataupun ekspatriat yang tinggal di Indonesia yang ingin bekerja di sini, program ini juga bisa menjadikan Anda mengikuti seleksi guru Bahasa Indonesia di luar negeri.